Selasa, 04 Oktober 2011

TIPS SEPUTAR KULINER

Merebus Kentang agar cepat matang

Merebus kentang membutuhkan waktu yang lama. Agar kentang yang anda rebus cepat matang, ikuti petunjuk berikut ini : Ambil kentang yang akan di rebus, cuci bersih, tusuk kentang kentang itu dengan kawat ditengahnya, rebuslah seperti biasa. Niscaya kentang yang anda rebus akan matang lebih cepat 2 kali dari cara merebus biasa.

Membersihkan ulat pada sayuran

Sayuran hijau seperti bayam, sawi atau brokoli biasanya ada ulat kecil yang kadang tidak hilang saat kita cuci. Agar ulatnya lepas dari daun, rendam dahulu sayur tsb dengan air garam. nanti ulatnya akan lepas sendiri. setelah itu sayur kita cuci seperti biasa.

alternatif pengganti coklat masak

Hal yang sering kali membuat kita batal membuat kue adalah kurang lengkapnya bahan yang kita miliki. Jika kita tidak punya coklat masak untuk hiasan kue, mungkin cara berikut bisa anda coba :
- lelehkan mentega tawar sebanyak 1 sdm
- campurkan coklat bubuk 3 sdm. aduk rata.
campuran ini setara dengan 25 gram coklat masak cair.

membuat keripik kentang renyah.

Terkadang kita ingin membuat kripik kentang seperti yang dijual di pasaran, renyah. Tapi yang sering kali terjadi adalah kripik tersebut segera menjadi lempem setelah dingin.
Berikut cara tepat untuk membuat kripik kentang
- Iris tipis kentang, lalu rendam dalam air yang telah dicampur dengan air kapur sirih kira kira 30 menit (kentang harus langsung direndam dalam air setelah di iris agar warna nya tidak menjadi kecoklatan)
-setelah itu cuci bersih dan tiriskan.
- goreng dalam minyak banyak dan panas dengan api sedang hingga matang dan kering.
setelah itu dinginkan dan langsung simpan dalam stoples.
jika ingin memberinya bumbu, campurlah pada saat bumbu nya juga sudah dingin.

Kripik Singkong Agar Empuk

Seringkali kita menggoreng keripik singkong tetapi hasilnya sangat keras. Jika anda ingin keripik singkong yang anda goreng tersebut empuk, ikuti petunjuk berikut ini : Ambil semua singkong yang akan digoreng, cuci bersih, potong potong, beri baking soda, cuci bersih dan tiriskan. Diamkan beberapa saat, lalu goreng. Hasilnya, kripik singkong anda pasti empuk

Merebus sayur agar tetap hijau

Dalam merebus sayur sayuran berwarna hijau, tak jarang warna hijau tersebut hilang. Agar sayur sayuran yang anda rebus tetap berwarna hijau dan empuk, ikuti cara berikut ini :
- Ambil panci, lalu masukkan 3 liter air, tutup dan panaskan
- Setelah mendidih, buka tutup panci dan masukkan 3 sdm minyak goreng, 1/2 sdm garam (aduk sampai garam hancur) dan masukkan sayur.
- Setelah sayur empuk, angkat dan tiriskan.
Dengan cara demikian sayuran anda akan tetap berwarna hijau dan empuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar